header

Order Via SMS

Order by SMS/Phone
085692263999
02170564500
0218608353
02270561717
081282968639

Pin BB 232B293E

Pemesanan setiap hari pukul 08.00 - 20.00

Batas Pengiriman Setiap Hari pukul 15.00

GRATIS Biaya Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Statistik

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini930
mod_vvisit_counterKemarin3020
mod_vvisit_counterMinggu Ini930
mod_vvisit_counterMinggu Lalu23285
mod_vvisit_counterBulan Ini68295
mod_vvisit_counterBulan Lalu102982
mod_vvisit_counterSeluruhnya6325330

We have: 22 guests, 28 bots online
IP Anda: 54.89.233.81
 , 
Hari Ini: Sep 21, 2014
Mau Sehat dan Menarik? Cobalah Mandi Sauna PDF Print E-mail
User Rating: / 8
PoorBest 
Written by Administrator   
Sunday, 13 January 2008 01:12
Dengan berpanas-panas di dalam ruangan tertutup, racun-racun dalam tubuh akan ramai-ramai keluar bersama keringat. Rasa lelah hilang. Penampilan pun tak kusut lagi. Namun, sebelum memulainya, dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan terlebih dahulu pada dokter.
Kalau mau berkeringat, berkeringatlah pada tempatnya dan tepat waktunya. Ini sekadar kelakar, tapi mengandung nasihat. Soalnya, berkeringat yang salah tempat dan waktu malah bisa bikin "petaka". Coba bayangkan, apa jadinya kalau sudah berdandan rapi plus harum pewangi tiba-tiba sekujur tubuh dibasahi keringat. Mungkin oleh cuaca panas atau pengapnya ruangan. Pakaian yang terseterika rapi jadi basah lengket di badan. Harum panfum pun luntur berganti asamnya keringat. Siapa yang mau mendekat kalau sudah begini? Ini namanya berkeringat tidak pada tempat dan waktunya.

Berbeda kalau kita memang menghendaki keluarnya butiran keringat dari pori-pori kulit tubuh kita. Saat berolahraga misalnya. Kita malah senang bila badan basah kuyup oleh keringat saat atau usai berkeliling kompleks rumah kita melakukan joging. Itu pertanda, lemak tubuh terbakar, badan bisa tetap langsing. Kalau tidak mau capek, kita juga bisa mandi keringat dengan cara lain. Apa itu? Ya, mandi uap (steam) atau sauna. Belakangan, cara terakhir ini malah menjadi bagian gaya hidup masyarakat kota.

Lancarkan aliran darah

Sejak masuk ke Indonesia lima tahun lalu, mandi uap dan sauna memang cukup populer dilakukan untuk meningkatkan kesehatan & kecantikan tubuh.

Karakter khas "mandi" jenis ini adalah sama-sama memanfaatkan panas. Di dalam suatu ruangan yang didesain khusus dan memberi suasana nyaman, kita dibuat berkeringat oleh panasnya suhu udara di dalamnya.

Ketika kita menjalani mandi uap atau sauna, kadang-kadang dilakukan penambahan minyak atsiri. Kehadiran minyak atsini bisa membuat kulit jadi bersih, merangsang sirkulasi darah, dan bisa membantu mengeluankan bahan bersifat racun dari sel dan jaringan. Ujung-ujungnya, tubuh menjadi sehat dan jiwa pun tenang dan nyaman. Kok bisa?

Panas dari steam dan sauna, menyebabkan panas tubuh meningkat 1 – 2 derajat Celcius. Dengan adanya pemanasan, mekanisme otomatis tubuh adalah melakukan perlawanan untuk mendinginkan suhu tubuh. Caranya, ya dengan mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulit. Keringat sendiri sebenarnya campuran air, mineral, asam lemak, dan racun-racun di dalam tubuh. Oleh sebab itu, mandi uap dan sauna dipercaya sebagai salah satu cara untuk membuang racun dalam tubuh.

Pemanasan juga membuat pembuluh darah di kulit melebar. Akibatnya, sirkulasi darah menjadi lancar sehingga pemberian nutrisi ke sel-sel tubuh, dan pengeluaran sisa metabolisme dari dalam sel atau jaringan, menjadi lebih baik. Pelebaran pembuluh darah juga membuat tekanan darah di dalam tubuh menurun perlahan. Denyut jantung pun ikut meningkat. Setiap kenaikan suhu tubuh 1 derajat Celcius, jantung akan bekerja dengan 11 denyutan lebih banyak. Suplai oksigen ke otot tubuh juga semakin baik.

Namun, dr. Rachmi Primadiati MNMed, DArom, DHerbMed, CIDESCO, CIBTAC, BABTAC, spesialis kecantikan dan medical aromaterapis dari Griya Natura, klinik integratif kesehatan dan kecantikan, di Jakarta, mengingatkan, "Sebenarnya sauna dan steam ditujukan terutama untuk mereka yang kurang berolahraga. Pengeluaran keringat mereka perlu dirangsang dengan melakukan sauna," jelasnya.

Pada orang yang secara fisik kurang gerak ini, otot juga menjadi tidak aktif. Aliran darah pun jadi kurang lancar. Akibatnya, asam laktat banyak yang ngendon di otot. Penumpukan itu membuat tubuh sering pegal.

Nah, "Uap panas dari mandi uap dan sauna bisa melancarkan sirkulasi darah, sehingga asam laktat yang menumpuk pada otot ikut terbawa arus. Hasilnya, otot terasa lebih rileks," lanjut Rachmi.

Namun, "Sauna bukan cara efektif untuk menurunkan bobot badan. Panas dari mandi uap dan sauna membuat pori-pori terbuka dan mengeluarkan kotoran bersama keringat. Yang berkurang adalah sisa-sisa metabolisme tubuh, dan bukan lemaknya," kata I Ketut Edi Mulyana, pelatih kebugaran di “Imperial Country Club”, Karawaci, Tangerang.

Menurut Rachmi pun, "Penurunan bobot badan akibat pembakaran lemak akan terjadi, jika ia mampu bertahan tidak makan, setelah mandi uap dan sauna. Jika ia makan, maka penurunan bobot badan terjadi akibat penurunan air dalam tubuh, bukan hasil pembakaran lemak."

Lulur setelah steam

Dalam praktiknya, ada orang yang menjalani mandi uap atau sauna sekaligus dengan perawatan tubuh lainnya, seperti pijat, scrub, lulur, dan lainnya.

Dalam keadaan demikian, semestinya perawatan dengan uap panas dilakukan sebelum mengikuti perawatan lain. Bukan sebaliknya.

Kalau kita melakukan mandi uap atau sauna terlebih dahulu, tubuh menjadi hangat. Otot pun dalam kondisi rileks dan jaringan permukaan kulit melembap. Kondisi macam ini memudahkan tubuh menyerap bahan aktif saat dipijat, diluluri, atau diberi perawatan lainnya.

Bayangkan, apa yang bakal terjadi kalau kita menjalani steam setelah dipijat. Bahan-bahan yang sudah meresap ke dalam pori-pori akan luruh kembali bersama keringat. Namun perlu diingat, meski mandi uap atau sauna memberi manfaat cukup berarti, tidak semua orang boleh menjalaninya.

Orang yang berkulit sensitif, kering, dan mudah dehidrasi, atau orang tua yang pembuluh darahnya sulit melebar, disarankan untuk mandi uap (steam), bukan sauna. Mandi sauna akan membuat kulit yang mengalami proses penuaan menjadi tidak elastis dan sensitif, sehingga mudah teriritasi bila terpapar pada suhu tinggi. Sebaliknya, hawa lembap steam tidak akan mengiritasi kulitnya.

Sauna juga tidak disarankan bagi mereka yang mengalami radang mata atau radang hidung akut, atau mengalami kejang jantung (angina). Penderita tekanan darah tinggi juga dianjurkan tidak melakukan mandi sauna untuk mencegah pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak.

Orang yang mengalami kelainan jantung atau ginjal; menderita sakit kepala atau migren, diabetes melitus, hipotensi, epilepsi, penyakit menular, varises, asma, gangguan pernapasan (batuk, pilek), demam juga tidak dianjurkan mandi uap atau sauna. Demikian pula dengan Anda yang sedang menjalani diet ketat, dalam pengaruh obat atau alkohol, memiliki riwayat penyumbatan pembuluh darah; sedang hamil atau haid. Mengapa?

Ambil saja contoh penderita diabetes melitus. Orang dengan penyakit degeneratif ini biasanya berkulit sensitif dan mengalami kelainan pada indera perasa. Sensitivitasnya terhadap rangsang, terutama rangsang panas juga berkurang. Bisa saja ia tidak merasa kepanasan, meskipun temperatur ruangan semakin naik hingga melebihi batas toleransi. Akibatnya bisa berabe. Pembuluh darahnya bisa pecah dengan tiba-tiba.

Pada wanita hamil, panas yang melebarkan pembuluh darah dapat membuat tekanan darahnya turun. Sedangkan pada wanita yang haid (terutama pada tiga hari pertama) biasanya darah mengucur deras, sehingga mereka dapat mengalami hipotensi.

Jadi, sebaiknya konsultasi pada dokter sebelum memutuskan untuk mandi uap atau sauna. Bagaimanapun, mandi uap atau sauna boleh saja dilirik. Namun, kondisi kesehatan tetap harus dipertimbangkan. Jangan sampai maunya sehat dan menarik, yang didapat malah surat rujukan dokter untuk menginap di rumah sakit.
Penyakit atau masalah kesehatan ini dapat dibantu penyembuhannya dengan mengkonsumsi Susu Kolostrum secara rutin.

FORTICO susu bubuk skim dengan kolostrum diformulasikan dan dikembangkan secara khusus oleh Smart Naco, Sdn, Bhd. ini adalah komponen Bio-aktif yang diperoleh dari sumber bahan terbaik dari New Zealand untuk meningkatkan kesehatan secara maksimum.

Dapatkan Susu Kolostrum FORTICO original hanya di SusuKolostrum.com.

Untuk pemesanan silahkan sms nama, alamat, nomor telepon dan jumlah pesanan ke 085692263999.

Ongkos kirim GRATIS ke seluruh Indonesia.
 

Waktu Dunia

Testimonial Fortico

Pojok Pariwara

Featured Links:

Aneka Batik dan Pakaian Muslim
Sedia Berbagai Macam Batik dan Pakaian Muslim
Ratna Promart
Metro Indah Mall Lt. GF B. 3 No. 32, Jl. Soekarno-Hatta, Bandung
Telp 02270561717

La Mia Casa Interior Design
Furniture, Kitchen, Wardrobe, Vanity, TV Cabinet, Living Room, Bed Room, Study Room. Call: 08122367779 or 02273102007.

Jual BU Tanah Kebun
Jual BU Tanah Kebun Luas 670 M2
Lokasi di Jl. Slada II masuk dari Jl. Pondok Cabe V. Bebas banjir! Harga 1,25 juta. Nego dan TP.
Hubungi 08158821786

Iklan Ikon