| Manfaat Minum Susu Untuk Menurunkan Resiko Kanker Payudara |
|
|
|
| Written by Administrator | |||
| Monday, 04 June 2007 07:00 | |||
Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik. Protein dan lemak susu memiliki sifat ketecernaan yang tinggi. Kandungan vitamin dan mineral susu juga relatif lengkap.Susu dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Ada yang segar atau ada yang dalam bentuk terolah, seperti susu bubuk atau susu kental manis. Manusia juga mengonsumsi susu dari produk pangan yang mengandung susu, seperti keju, es krim, dan yogurt. Namun, masih ada perbedaan pendapat tentang konsumsi susu ini. Ada kelompok yang menyatakan bahwa mengonsumsi susu setiap hari tidak baik bagi kesehatan, terutama penyakit vaskular seperti penyempitan pembuluh darah. Argumennya adalah, susu meningkatkan kadar kolesterol darah yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. Kedua, adanya hubungan positif antara produksi susu rata-rata per kapita dengan kematian akibat penyakit jantung di sejumlah negara.
Kelompok lain mendukung peran susu pada penurunan risiko berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan kanker. Penelitian terbaru di Norwegia mendukung hal itu. Hjartäker bersama koleganya dari Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, melalui publikasinya pada International Journal of Cancer, membuktikan bahwa mengonsumi tiga gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause. Melalui penelitian kohort the Norwegian Women and Cancer Study, mereka meneliti 48.844 wanita selama enam tahun dua bulan. Konsumsi susu diukur dengan mengirimkan formulir riwayat konsumsi pangan kepada responden. Selama kurun waktu tersebut, tim Hjartäker menemukan 317 kasus penderita kanker payudara. Ternyata konsumsi susu sejak masa kanak-kanak berkaitan negatif dengan kejadian kanker payudara pada saat mereka berumur 34-39 tahun (pramenopause). Itu berarti bahwa mengonsumsi susu sejak masa kanak-kanak dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara. Konsumsi susu pada masa dewasa juga menurunkan risiko kanker payudara setelah dikoreksi menurut faktor hormonal, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol. Wanita yang tidak mengonsumsi susu menghadapi risiko terkena kanker payudara 2 kali lebih besar daripada wanita yang mengonsumsi susu 3 gelas atau lebih susu setiap hari.
|
|||
| Last Updated on Sunday, 13 January 2008 01:29 |
Tips Kesehatan
| Agar Si Pecandu Tak Ketagihan Lagi 01/02/2008 | Administrator Ketika seorang pemakai narkoba telah berhasil mengatasi kecanduannya, dan tak lagi menggunakan barang haram tersebut, bukan berarti dia lantas lepas dari bahaya. Tenggang waktu yang cukup lama pun tak [ ... ] |
Kunci Untuk Berhenti Merokok 29/10/2007 | Administrator Beberapa kiat berikut ini akan membantu anda untuk tidak merokok. | |
| 3 Metode Dasar Mempertajam Daya Ingat 08/07/2007 | Administrator Ingat lagu Should auld acquintance be forgot? Lagu yang identik dengan perayaan tahun baru ini, seakan menyentil kita tentang kemungkinan melupakan sebuah kejadian atau seseorang seiring waktu berlalu [ ... ] | Tips Lainnya | |
Artikel Kesehatan
| Neuritis Optik 14/08/2008 | Administrator Definisi |
Implantasi Penis 01/06/2009 | Administrator Terapi untuk disfungsi ereksi (impotensi) biasanya cenderung menggunakan obat-obatan seperti viagra, levitra, dan cialis. Obat-obatan ini bekerja dengan cara melemaskan otot-otot kecil pada penis, seh [ ... ] | |
| Serat Jamin Hidup Sehat 27/12/2009 | Administrator Asupan serat sering jadi masalah bagi banyak orang. Kecenderungan ini bukan semata karena pengaruh usia. Faktanya kini kalangan profesional muda juga mengalaminya. Pemicunya gaya hidup dan tuntutan ke [ ... ] | Artikel Lainnya | |
Berita Kesehatan
| Hiperglikemia Gula Darah Tinggi, Rentan Komplikasi 28/11/2007 | Administrator PENDERITA diabetes atau diabetesi harus mewaspadai risiko hiperglikemia sesudah makan. Kadar gula darah yang semakin tinggi akan merusak jaringan tubuh dan menimbulkan komplikasi terhadap pembuluh dar [ ... ] |
Penyakit Asma, Kontrol Teratur, Cegah Kekambuhan 28/11/2007 | Administrator PENGETAHUAN yang terbatas tentang asma membuat penyakit ini seringkali tidak tertangani dengan baik. Akibatnya, jumlah penderita dari tahun ke tahun semakin meningkat. | |
| Obstructive Sleep Apnea, Ngorok Pembawa Maut 28/11/2007 | Administrator SUARA dengkur atau ngorok sangat mengganggu orang lain. Namun, bagi si pendengkur kebiasaan itu ternyata juga menjadi bom waktu dari penyakit yang disebut sebagai penyakit obstructive sleep apne [ ... ] | Berita Lainnya | |
Berita Terbaru
| Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H 18/09/2009 | Administrator Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1430 H, SusuKolostrum.com mengucapkan: |
Selamat Menunaikan Ibadah Shaum Ramadhan 1430 H 22/08/2009 | Administrator Kami dari SusuKolostrum.com mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Shaum Ramadhan 1430 H bagi Anda yang menjalankannya. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini selalu dalam ridho Allah SWT. Amiin [ ... ] | |
| Produk Baru Smart Naco,Sdn, Bhd. 01/06/2009 | Administrator Pelanggan Yth, kami memperkenalkan produk susu kolostrum IgG Plus terbaru dari Smart Naco, Sdn, Bhd. yaitu FORTICO. FORTICO ini berisi 20 sachet dan memiliki kandungan gizi serta khasiat yang sama [ ... ] | Berita Lainnya | |
Artikel Terbaru
| Saran untuk yang Alergi Susu 24/03/2009 | Administrator Alergi susu dialami oleh orang yang perutnya tak bisa mencerna gula susu yang disebut laktosa. Jika mereka minum susu, bisa mengalami kram perut parah dan diare. |
Kandungan ASI Lebih Stabil ketimbang Susu Formula 14/03/2009 | Administrator MUNGKIN tak ada susu apapun di dunia ini yang kandungannya bisa menyamai air susu ibu (ASI). Kelengkapan gizi dan nutrisi yang dimilikinya memungkinkan si bayi bisa bertahan hidup, tanpa harus mengasu [ ... ] | |
| 5 Jenis Pantangan Susu 03/02/2009 | Administrator Sering minum susu sangat bermanfaat bagi kesehatan, tetapi dalam hidup sehari-hari kita juga harus berhati-hati, bahwa ada sebagian makanan tidak boleh dimakan bersamaan. | Artikel Lainnya | |
Data Penyakit
| Sistosarkoma Filodes 25/02/2009 | Administrator Sistosarkoma FilodesDEFINISI |
Pubertas 18/03/2009 | Administrator Pubertas DEFINISI | |
| Kehamilan Resiko Tinggi 18/03/2009 | Administrator Kehamilan Resiko Tinggi DEFINISI | Data Lainnya | |
Info Sehat
| Macam Macam Susu 06/05/2008 | Administrator Susu Pasteur (pasteurized) |
Pengenalan Penyakit GBS 07/07/2008 | Administrator Apa itu GBS? | |
| Buah Anggur Bukan Sekadar Gengsi 30/11/2007 | Administrator Buah anggur yang banyak beredar di Indonesia sebagian besar diimpor langsung dari luar negeri, itu sebabnya makan buah tanaman merambat ini dianggap bisa menaikkan gengsi karena harganya yang relatif [ ... ] | Info Lainnya | |














Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik. Protein dan lemak susu memiliki sifat ketecernaan yang tinggi. Kandungan vitamin dan mineral susu juga relatif lengkap.
