header

Order Via SMS

Order by SMS/Phone
085692263999
02170564500
0218608353
02270561717
081282968639

Pin BB 232B293E

Pemesanan setiap hari pukul 08.00 - 20.00

Batas Pengiriman Setiap Hari pukul 15.00

GRATIS Biaya Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Statistik

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini1951
mod_vvisit_counterKemarin4292
mod_vvisit_counterMinggu Ini12218
mod_vvisit_counterMinggu Lalu24317
mod_vvisit_counterBulan Ini76504
mod_vvisit_counterBulan Lalu102237
mod_vvisit_counterSeluruhnya6435776

We have: 28 guests, 8 bots online
IP Anda: 54.166.111.111
 , 
Hari Ini: Oct 22, 2014
Tentang Perisa PDF Print E-mail
User Rating: / 2
PoorBest 
Written by Administrator   
Sunday, 01 February 2009 07:00
Perisa (flavour) tak asing dalam industri pangan. Dengan perisa, dihasilkan produk yang memiliki rasa yang diinginkan. Memiliki intensitas bau dan rasa seperti yang diinginkan. Tak heran jika kita banyak menjumpai makanan dengan rasa daging sapi atau ayam goreng, kendati dalam makanan itu tak dijumpai secuilpun daging. Demikian pula dengan makanan ringan, produk susu, mie instans dan lainnya.
Menurut Anton Apriyantono, sosen Teknik Pangan dan Gizi IPB, secara umum perisa dihasilkan melalui tiga cara. Bisa melalui bahan-bahan kimia yang disebut aroma chemicals. Bahan-bahan kimia ini kemudian dilarutkan dalam pelarut yang sesuai. Untuk perisa yang digunakan dalam bahan pangan, pelarut yang biasa dipakai adalah propilen glikol dan alkohol.

Namun penggunaan pelarut alkohol di Indonesia tidak diperbolehkan. Sebab perisa yang dihasilkan masuk dalam kategori tidak halal untuk umat Islam. Sedangkan perisa yang akan digunakan dalam bahan pangan berlemak, pelarutnya biasanya minyak nabati atau gliserol.

Ada pula perisa emulsi. Jenis perisa ini tersusun dari bahan-bahan kimia yang kurang larut air. Sehingga harus dibuat menjadi emulsi agar bisa larut. Oleh karenanya diperlukan pengemulsi (emulsifer). Dalam prosesnya, bahan lain seperti pewarna dapat ditambahkan.

Meski perisa telah banyak digunakan. Status kehalalan tetap menjadi kekhawatiran. Kekhawatiran ketidakhalalan perisa disebabkan oleh sejumlah hal. Yaitu pelarut yang digunakan baik etanol maupun gliserol, bahan dasar pembuatannya, serta asal bahan dasar yang digunakan.

Etanol tidak boleh digunakan sebagai pelarut akhir komponen-komponen perisa. Sebagai gantinya dapat digunakan propilen glikol. Gliserol yang digunakan sebaiknya tidak berasal dari hasil hidrolisis lemak hewani. Dengan pertimbangan kerentanan kehalalanya lebih tinggi jika menggunakan hidrolisis lemak hewani.

Guna menghasilkan perisa daging, diperlukan base yang dibuat dari hasil reaksi asam amino atau protein hidrolisat, gula dan tak jarang lemak atau turunannya. Pada saat pembuatan flavour daging ayam, misalnya, sering juga diperlukan lemak ayam, sehingga perlu jelas dari mana asalnya.

''Selain itu, dalam pembuatan perisa daging kadang juga digunakan ekstrak daging. Kita pun harus mengetahui secara jelas jenis daging dan cara penyembelihannya. Dengan demikian akan menjamin status kehalalannya,'' katanya.

Anton menambahkan, dalam perisa dairy baik susu, mentega, keju maupun lainnya. Tak hanya diperlukan bahan-bahan kimia tunggal pembentuk aroma. Namun juga asam-asam lemak untuk membentuk rasa. Maka harus jelas pula asal lemak yang digunakan untuk kepentingan tersebut.

Selain itu, banyak komponen-komponen pembentuk aroma produk dairy ini dibuat dengan cara enzimatis dengan menggunakan lemak sebagai substrat. Dengan demikian baik substrat maupun enzimnya harus jelas sumbernya. Artinya tidak boleh berasal dari babi atau hewan yang disembelih secara tidak Islami.

Ia menambahkan, beberapa bahan perisa berasal dari hewan. Misalnya, civet yang berasal dari kucing civet yang banyak hidup di pegunungan Himalaya. Juga ada musk oil yang berasal dari rusa hidup dan castoreum yang berasal dari berang-berang, walaupun sudah jarang ditemukan dalam formulasi flavor.

Menurutnya, perisa kini jumlahnya ribuan. ''Bisa dibayangkan bagaimana repotnya mengaudit kehalalan bahan perisa ini,'' ujarnya. Ia menyatakan bahwa hal ini memang bukan pekerjaan yang mudah. Dan memerlukan keahlian dan bekal pengetahuan yang tinggi serta tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Sebetulnya International Organisation of Flavour Industry (IOFI), telah memberikan panduan kepada anggotanya dalam pembuatan perisa. Panduan ini, merupakan aturan dasar dalam good manufacturing practices untuk pembuatan perisa halal.

Aturan yang diterapkan dalam pembuatan perisa halal dalam panduan tersebut, di antaranya adalah tidak boleh menggunakan bahan baku yang berasal dari hewan. Etanol juga tidak boleh ditambahkan secara sengaja pada jumlah berapapun.

Bahan dasar yang mengandung alkohol yang berasal dari proses fermentasi alkohol seperti cognac oil dan fusel oil, tidak boleh digunakan. Etanol yang digunakan sebagai solven pengekstrak untuk natural flavourings harus dihilangkan sampai serendah mungkin sisanya (to the lowest level technologically possible).

Etanol yang secara alami terdapat dalam beberapa bahan dasar (jus buah-buahan, minyak atsiri dan lainnya) adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dan dapat ditoleransi keberadaannya. Perisa yang ditujukan untuk pembuatan pangan halal tidak boleh mengandung etanol lebih dari 0.05% (500 ppm).
Penyakit atau masalah kesehatan ini dapat dibantu penyembuhannya dengan mengkonsumsi Susu Kolostrum secara rutin.

FORTICO susu bubuk skim dengan kolostrum diformulasikan dan dikembangkan secara khusus oleh Smart Naco, Sdn, Bhd. ini adalah komponen Bio-aktif yang diperoleh dari sumber bahan terbaik dari New Zealand untuk meningkatkan kesehatan secara maksimum.

Dapatkan Susu Kolostrum FORTICO original hanya di SusuKolostrum.com.

Untuk pemesanan silahkan sms nama, alamat, nomor telepon dan jumlah pesanan ke 085692263999.

Ongkos kirim GRATIS ke seluruh Indonesia.
Last Updated on Thursday, 15 January 2009 11:42
 

Waktu Dunia

Testimonial Fortico

Pojok Pariwara

Featured Links:

Jual BU Tanah Kebun
Jual BU Tanah Kebun Luas 670 M2
Lokasi di Jl. Slada II masuk dari Jl. Pondok Cabe V. Bebas banjir! Harga 1,25 juta. Nego dan TP.
Hubungi 08158821786

La Mia Casa Interior Design
Furniture, Kitchen, Wardrobe, Vanity, TV Cabinet, Living Room, Bed Room, Study Room. Call: 08122367779 or 02273102007.

Aneka Batik dan Pakaian Muslim
Sedia Berbagai Macam Batik dan Pakaian Muslim
Ratna Promart
Metro Indah Mall Lt. GF B. 3 No. 32, Jl. Soekarno-Hatta, Bandung
Telp 02270561717

Iklan Ikon