NEW YORK - Sekira 4.000 laki-laki dan perempuan yang mengonsumsi vitamin D selama 17 tahun akan mengurangi risiko menderita diabetes tipe 2, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi vitamin D.
"Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi vitamin D untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Bukti tersebut tampak dalam penelitian ini," kata ketua peneliti dari the National Public Health Institute Dr Paul Knet, seperti dilansir Reuters. Keseluruhan subjek penelitian sudah disesuaikan untuk usia, jenis kelamin, dan bulan pengambilan sampel darah.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan signifikan yang dihubungkan antara vitamin D dalam darah dan perkembangan diabetes tipe 2. Orang yang mempunyai kadar vitamin D dalam darah cukup tinggi, akan mengurangi risiko hingga 40 persen diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi vitamin D.
Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam the Journal Diabetes Care. Hubungan ini melemahkan beberapa hal yang berpotensi sebagai penyebab diabetes tipe 2, antara lain berat badan, jarang berolahraga, dan merokok.
"Vitamin D berasal dari diet (terutama ikan), suplemen, dan paparan sinar matahari," ungkap Knekt. Penelitian itu juga menyarankan untuk mengonsumsi ikan yang dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner.
sekarang banyak beredar kalo kromium juga menurunkan glukosa pada penderita diabetes mellitus,kira-kira ada hubungannya ga dengan vitamin D tersebut? apa ga da efek samping na jka pemakaian dalam jangka waktu lama?
thx bwt info na
Tamu
Beri Komentar
Silakan untuk mengisi komentar yang tidak keluar dari topik artikel.
Semua komentar yang tidak berhubungan akan segera dihapus.
Termasuk semua link yang digunakan untuk kepentingan spam marketing dsb.
PERTOLONGAN PERTAMA PADA STROKERabu, 02 Juli 2008 | AdministratorANTARA PERCAYA DAN ENGGAK PERCAYA BISA DIBUKTIKAN Pertolongan Pertama Pada Stroke (Dengan cara mengeluarkan darah pada setiap ujung jari tangan dan ujung daun telinga). Ada satu cara terbaik untuk... + Selengkapnya
Narkoba Bikin Kenikmatan Seks Hanya Khayalan BelakaSabtu, 28 Juni 2008 | AdministratorBeberapa orang beranggapan, hubungan seks ditambah konsumsi narkoba membuat kegiatan itu semakin nikmat. Padahal, dengan narkoba, kenikmatan seks hanyalah dalam khayalan. + Selengkapnya
Kiat Sukses BerdietSabtu, 01 Desember 2007 | AdministratorDiet seringkali gagal, karena orang cenderung menahan rasa lapar dan menghindari makan daging. Padahal dengan diet yang benar, Anda tak perlu kelaparan atau takut makan daging. + Selengkapnya
Susu Segar dan Susu Cair, Apa Bedanya?Selasa, 06 Mei 2008 | AdministratorSusu cair lebih awet kalau disimpan dalam kemasan yang baik. saat ini di pasaran telah beredar beragam susu cair. Ada yang memberi label susu segar, susu pasteurisasi, susu sterilisasi atau susu UHT... + Selengkapnya